fbpx
Mengenal Jenis Mesin CNC Perbedaan Mesin CNC Kayu Bubut & Milling

Mengenal Jenis Mesin CNC: Perbedaan Mesin CNC Kayu, Bubut & Milling

Mesin CNC (Computer Numerical Control) telah menjadi bagian yang penting dalam industri manufaktur. Industri manufaktur merupakan suatu kegiatan yang mencakup proses produksi barang fisik yang berkaitan dengan pengolahan bahan mentah menjadi produk jadi yang melibatkan penggunaan mesin, tenaga kerja, serta perencanaan proses produksi yang terstrukutur. Mesin CNC memungkinkan produksi komponen dan part dengan tingkat presisi yang tinggi. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis mesin CNC yang umum digunakan seperti mesin CNC kayu, mesin CNC bubut, dan mesin CNC milling.

Apa itu Mesin CNC?

CNC atau Computer Numerical Control yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai komputer kontrol numerik merupakan mesin yang digunakan dalam industri manufaktur yang biasanya menggunakan kontrol terkomputerisasi. Salah satu kelebihan utama dari mesin CNC ini adalah kecepatan dan ketepatan dalam proses produksinya, sehingga mesin CNC sangatlah cocok apabila digunakan dalam produksi massal. Mesin CNC memiliki hasil ketepatan produksi yang bisa dikatakan tidak pernah meleset atau gagal sehingga akan lebih memberikan efisiensi tenaga dan waktu.

jasa mesin cnc

Cara kerja mesin CNC adalah dengan membuat program CNC yang sesuai dengan kriteria produk yang akan diproses, program dibuat khusus menggunakan perangkat lunak khusus program CNC. Selanjutnya jika sudah terdapat program yang sesuai produk yang akan dibuat, mesin akan memproses material sesuai dengan program yang telah dimasukkan tersebut. Mesin CNC merupakan mesin yang memiliki cara kerja seperti robot, operator hanya perlu memasukkan program dan mesin CNC akan bekerja dengan sendirinya. sehingga, produk yang dihasilkan dari mesin CNC ini minim kesalahan karena mesin CNC memproses sesuai dengan program yang telah ditetapkan oleh operator mesin.

Perbedaan Beberapa Jenis Mesin CNC

perbedaan berbagai macam mesin CNC

Pada dasarnya fungsi dari bermacam-macam jenis CNC tersebut sama saja, yaitu melakukan pengeboran serta pemotongan material dalam proses manufaktur. Konsep kerja dari mesin CNC adalah operator mengoperasikan program dari mesin CNC, lalu mesin akan memproses material yang sesuai dengan program yang telah diatur oleh operator tersebut. Ada beberapa jenis mesin CNC, yaitu seperti mesin CNC kayu, mesin CNC bubut, mesin CNC milling. Berikut ini adalah perbedaan dari ketiga mesin tersebut:

Mesin CNC Kayu

Mesin CNC kayu digunakan untuk memotong dan membentuk kayu khususnya yang berbentuk lembaran serta kayu jenis MDF. Mesin CNC kayu dapat membentuk kayu menjadi berbagai bentuk dan ukuran. Mesin ini biasanya digunakan dalam industri furnitur, konstruksi serta desain interior. Mesin CNC kayu dapat memotong kayu dengan presisi tinggi dan menghasilkan produk yang rapi dan presisi. Mesin CNC kayu memiliki sumbu x,y,z.

Mesin CNC Bubut

mesin ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk dengan tingkat presisi yang sangat tinggi. Mesin bubut CNC sangat efisien dalam memproduksi komponen dengan berbagai tingkat kompleksitas. Material yang dapat diproses oleh mesin CNC bubut adalah material metal serta material non metal yang berbentuk silinder. Mesin CNC bubut memiliki sumbu x,z.

Mesin CNC Milling

Mesin CNC milling pada dasarnya sama dengan mesin CNC bubut yang mampu memproses material baik material metal maupun non metal, hanya saja mesin CNC milling memiliki spesialisasi memproses material yang berbentuk kotak atau persegi. Mesin ini biasanya digunakan dalam industri otomotif dan industri mesin. Mesin CNC milling dapat digunakan untuk membuat berbagai bentuk dan ukuran benda dari komponen yang bebentuk keciil hingga besar. Mesin CNC memiliki sumbu x,y,z.

Perusahaan yang Menyediakan Berbagai Mesin CNC dengan Kualitas No.1 di Solo

Kreasi Muda Indonesia merupakan perusahaan yang menyediakan jasa mesin CNC dengan kualitas terbaik dan terpercaya di Solo. Ada beberapa mesin yang disediakan oleh Kreasi Muda Indonesia, seperti mesin CNC kayu, mesin CNC bubut, mesin CNC milling. Kreasi Muda Indonesia telah melayani berbagai jenis customer baik perorangan maupun perusahaan sejak tahun 2017. Kreasi Muda Indonesia selain memiliki berbagai macam mesin mutakhir, Kreasi Muda Indonesia juga memiliki banyak tenaga yang telah ahli di bidangnya.

jasa mesin cnc

Jika Anda tertarik menggunakan jasa dari kreasi Muda Indonesia, Anda dapat menghubungi tim Kreasi Muda Indonesia disini dan dapatkan penawaran menarik dari tim Kreasi Muda Indonesia. Untuk melihat berbagai hasil produk dari Kreasi Muda Indonesia, Anda dapat mengunjungi website Kreasi Muda Indonesia.

Kreasi Muda Indonesia
Facebook Comments
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?