fbpx
Ini Dia Tips Membedakan Jenis-jenis Stainless Steel

Ini Dia Tips Membedakan Jenis-jenis Material Stainless Steel

Membedakan material stainless steel merupakan hal yang sulit dilakukan dengan tangan kosong. Hal ini karena secara visual, stainless steel memiliki visualisasi yang hampir sama.

Stainless steel memiliki banyak jenis, beberapa di antaranya adalah SS 340, SS 201, SS 304, dan SS 316. Beberapa material tersebut merupakan material yang sering digunakan dalam industri fabrikasi logam dan manufaktur. Stainless steel kerap digunakan karena manfaatnya sebagai material yang anti korosi sehingga menjadi lebih awet dan tahan lama.

Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana caranya membedakan jenis-jenis stainless steel. Simak sampai akhir, ya!

Jenis-jenis Stainless Steel

membedakan stainless steel

Stainless steel dapat dibedakan menjadi beberapa bagian. Mulai dari tipenya, bentuknya, dan finishingnya. Secara tipe atau kandungan pembentuknya dapat dibaca di bawah ini ya.

Baca juga; Perbedaan Material Stainless Steel 201 dengan 304.

Sementara berdasarkan bentuknya, beberapa di antaranya adalah plat, hollow, pipa dll. Plat kerap digunakan untuk pembuatan pagar rumah, partisi, fasad bangunan dll. Hollow digunakan untuk pembuatan rangka meja, cabinet, lemari, kursi dll. Bentuk pipa digunakan untuk pembuatan merchandise, gantungan baju, gagang pintu dll.

Secara umum, material stainless steel dimanfaatkan sebagai material pembuatan peralatan dapur. Hal ini karena material ini tahan terhadap korosi sehingga tidak aman untuk dijadikan alat masak. Hal ini disebabkan karena stainless steel terbuat dari beberapa kandungan logam, seperti kromium dan nikel.

Bagaimana Cara Membedakan Tipe-tipe Stainless Steel?

membedakan stainless steel

Bagaimana membedakan stainless steel satu dengan yang lainnya? Sulit dibedakan dengan tangan kosong, diperlukan alat khusus untuk membedakan jenis stainless steel karena secara visual hampir serupa. Yang paling mudah adalah menggunakan magnet. Semakin tinggi tipe stainless steel, magnet tidak akan menempel karena kandungan nikel yang tinggi. Sebaliknya, semakin rendah tipe stainless steel, maka akan menempel dengan magnet karena memiliki kandungan besi yang tinggi.

Hal tersebut dipengaruhi kandungan nikel di masing-masing stainless steel. Stainless steel 430 misalnya, yang memiliki kandung nikel di bawah 1% dan memiliki kandungan besi yang besar akan membuatnya mudah untuk menempel pada magnet. Sementara tipe 201 memiliki kandungan nikel 2% tidak akan serekat 430 yang menempel pada magnet. 304 dan 316 yang memiliki kandungan nikel yang sama besarnya yakni 8% dan 10%, magnet tidak akan menempel.

Jasa Pengolahan Stainless Steel Terbaik di Solo

Kreasi Muda Indonesia merupakan perusahaan jasa pengolahan stainless steel dengan kualitas terbaik. Stainless steel yang digunakan di Kreasi Muda Indonesia adalah 201 dan 304 sehingga tahan karat dan awet.

Kreasi Muda Indonesia adalah perusahaan fabrikasi logam yang menyediakan jasa fabrikasi logam mulai dari proses cutting, marking, welding, bending sampai dengan assembling. Kami merupakan perusahaan yang berpengalaman dan diisi oleh tenaga profesional.

Kunjungi website kami atau kontak kami untuk melihat project kami dan dapatkan penawaran terbaik untuk kebutuhanmu.

Kreasi Muda Indonesia
Facebook Comments
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
? Hallo, Ada yang bisa saya bantu?