fbpx

Pengolahan Akrilik, Pemotongan dan Pengukiran Akrilik

Pengolahan Akrilik, Pemotongan dan Pengukiran Akrilik
Laser Cutting

Selama pandemi COVID-19 permintaan terhadap lembaran akrilik meningkat, hal ini dipicu meningkatnya pengolahan akrilik dengan cara pemotongan dan pengukiran akrilik untuk menghasilkan beberapa produk, misalnya sebagai sekat-sekat akrilik yang biasa kita jumpai di resepsionis sebuah kantor/hotel.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengolahan material akrilik yaitu proses pemotongan dan pengukiran akrilik, kira-kira seperti apa ya perbedaan dari kedua proses ini? Daripada sobad kreasi makin bertanya-tanya, simak artikel ini sampai selesai!

Mengenal Bahan Akrilik, yuk!

jasa laser cutting akrilik
Acrylic

Pada bagian ini kami akan mengulik sedikit hal-hal yang berkaitan dengan akrilik. Akrilik memiliki berat yang lebih ringan serta ketahanan yang lebih kuat bila dibanding dengan material kaca, permukaan akrilik dalam waktu yang lama akan tetap jernih dibanding kaca yang kejernihan permukaannya cenderung berubah seiring berjalannya waktu.

Akrilik sering dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan marchendise, hiasan dinding, furniture, pelakat, papan nama tempat/perusahaan dan lain-lain. Dalam prosesnya pembuatan produk-produk ini dilakukan dengan melakukan proses pemotongan dan pengukiran akrilik menggunakan mesin laser cutting.

Pengolahan Material Akrilik

Pengolahan material akrilik dibagi menjadi 2 jenis pengolahan yaitu: pemotongan akrilik dan pengukiran akrilik. Untuk mengetahuinya simak uraian dibawah ini:

Pemotongan Akrilik

Pemotongan Akrilik dengan mesin Laser Cutting
Pemotongan akrilik (sumber: bp-guide.id)

Dalam pemotongan akrilik menggunakan mesin laser cutting, dimana dilakukan input desain yang sebelumya dibuat menggunakan aplikasi/software tertentu (misal : CorelDraw), lalu ditransfer ke mesin untuk dilakukan setting parameter mesin (menempatkan akrilik pada bet mesin, setting posisi benda kerja pada posisi nol yaitu untuk menentukkan titik awal pemotongan akrilik).

Dalam pemotongan akrilik ada 3 hal yang berpengaruh yaitu tebal akrilik (semakin tebal akrilik maka semakin tebal akrilik yang dipotong maka akan semakin lama waktu yang diperlukan), lalu kecepatan pergerakan bet laser (semakin hal ini dapat diatur pada saat melakukan setting mesin), lalu terakhir adalah daya laser (semakin besar daya maka waktu pengerjaan juga akan semakin cepat, daya laser juga dapat diatur pada proses setting mesin).

Pengukiran Akrilik

gantungan akrilik
Contoh pengukiran akrilik (tulisan/detail dalam gantungan kunci produk Kreasi Muda Indonesia)

Dalam pengukiran akrilik juga menggunakan mesin laser cutting, prosesnya disebut laser egraving. Perbedaan dengan pemotongan akrilik adalah output yang dihasilkan, apabila pemotongan adalah proses memotong akrilik dengan bentuk/pola tertentu, pengukiran akrilik adalah sebuah proses yang menghasilkan goresan atau ukiran pada permukaan akrilik sesuai desain yang telah dibuat.

Untuk 3 parameter yang mempengaruhi proses pengukiran akrilik sama dengan pemotongan akrilik yaitu kecepatan bet laser, daya laser, dan ketebalan akrilik (kedalaman goresan yang diukir pada permukaan akrilik). Pada pengerjaannya pengukiran akrilik cenderung menggunakan daya laser yang lebih rendah dibanding dengan pemotongan akrilik, namun kecepatan bet lasernya lebih tinggi.

Kesinambungan Proses Pengolahan Material Akrilik

laser cutting dan laser egraving

Pada dasarnya proses pemotongan dan pengukiran akrilik merupakan proses yang berkesinambungan, biasanya proses pemotongan akrilik ditujukan untuk membuat bentuk atau kontur tepian produk atau bentuk lubang dari sebuah produk misalnya: bentuk bintang, bentuk hewan, bentuk tumbuhan, tiruan tokoh-tokoh animasi, dan sebagainya.

Sedangkan, untuk proses pengukiran akrilik lebih mengarah untuk memberikan detail pada permukaan akrilik misalnya tulisan, kontur wajah tokoh masyarakat, dll.

Kedua proses ini saling terikat satu sama lain karena tidak mungkin sebuah produk hanya terdiri dari kontur bagian tepi saja tanpa ada tulisan atau gambar di permukaan, atau memiliki ukiran di permukaan akrilik namun tidak memiliki bentuk yang sesuai. Kedua jenis proses pengolahan ini dipadukan untuk membentuk sebuah produk utuh yang bernilai jual.

Jasa Pengolahan Material Akrilik dengan Mesin Laser Cutting

Kreasi Muda Indonesia adalah perusahaan fabrikasi logam yang menyediakan jasa fabrikasi logam mulai dari proses cutting, marking, welding, bending sampai dengan assembling. Didukung dengan tim yang kompeten di bidangnya, mesin yang mutakhir, pengerjaan yang cepat dan tepat, serta hasil yang presisi.

Tentu Anda tidak perlu khawatir dengan integritas Kreasi Muda Indonesia. Kunjungi website resmi Kreasi Muda Indonesia untuk mengetahui lebih detail tentang produk dan layanan kami disini atau dapat menghubungi kontak kami.

Facebook Comments
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?