fbpx
Ini Dia Cara Kerja dan Keunggulan Mesin Laser Cutting!

Ini Dia Cara Kerja dan Keuntungan Mesin Laser Cutting!

Laser cutting telah dimanfaatkan di segala bidang industri, mesin ini memang memiliki keunggulan mencolok yakni hasil potongan yang presisi dan sempurna, sebagai contoh adalah pembuatan pagar rumah, fasad, vandel, trofi, dan produk lainnya. Laser cutting adalah proses pemotongan material (baik metal dan non-metal) yang menggunakan teknologi laser guna menghasilkan potongan dengan kualitas tinggi, akurat, dan presisi.

Sinar laser akan diarahkan pada material dan kombinasi panas dan tekanan akan mengakibatkan pemotongan. Material akan meleleh, terbakar, menguap, tertiup angin gas dan menghasilkan tepi dengan permukaan akhir berkualitas tinggi.

jasa laser cutting di solo

Baca juga: Simak Pentingnya Melakukan Perawatan pada Mesin Fiber Laser Cutting

Definisi dan Perkembangan Laser Cutting

jasa laser cutting solo

Laser cutting adalah proses pemotongan material (baik metal dan non-metal) yang menggunakan teknologi laser guna menghasilkan potongan dengan kualitas tinggi, akurat dan presisi. Pemanfaatan mesin ini secara global dilakukan pertama kali untuk pengeboran lubang Diamond Dies.

Mesin laser ini dibuat oleh Western Electric Engineering Research Center. Inggris tidak mau ketinggalan dengan melakukan pemotongan jet oksigen dengan laser cutting pada tahun 1967. Kemudian industri fabrikasi bisa dikatakan sebagai industri yang paling sering menggunakan laser cutting dalam produksi part-part mereka.

Cara Kerja Laser Cutting

Dalam penggunaanya mesin laser bekerja dengan menggunakan sinar laser berdaya tinggi yang dihasilkan oleh generator lalu sinar tersebut mengenai material benda kerja, hal ini membuat material yang terkena oleh sinar laser akan terbakar atau meleleh sesuai jenis material yang digunakan pada proses tersebut. Namun tak ada bahan tambah untuk menunjang sinar laser agar dapat mengerjakan suatu material, bahan tambah tersebut seperti CO2, Nitogen, O2 dsb.

Dengan menggunakan sinar laser bertekanan tinggi hasil dari pemrosesan akan berjalan dengan cepat serta bentuk yang presisi. Hal ini juga disertai dengan parameter pemotongan yang sesuai dengan jenis material yang digunakan, karena setiap material memiliki karakteristik yang berbeda-beda dengan material yang lainnya. Mesin ini juga menggunakan controller CNC yang bergerak menggunakan cordinat program yang dimasukan oleh pengguna mesin, hal tersebut menjadikan mesin ini bekerja secara otomatis sesui dengan program yang dimasukan.

Baca juga: Pahami 9 Komponen Utama pada Mesin Laser Cutting Metal!

Jenis-jenis Mesin Laser Cutting

1. CO2 Laser ( Laser Gas CO2)

perusahaan laser cutting di kota solo

Sesuai dengan namanya, CO2 laser (Laser Gas CO2) menggunakan sumber dari campuran gas CO2 dengan gas khusus lain yang distimulasikan dengan proses elektrik. Umumnya, jenis laser ini digunakan untuk pembuatan material non-metal termasuk plastik.

2. Fiber Laser

laser cutting terbaik di solo untuk plat metal

Fiber laser beroperasi dengan energi dari Dioda Pompa. Keunggulan dari mesin ini adalah mempunyai ketajaman detail yang tinggi. Hasil cutting, marking, engraving dari mesin ini lebih detail dan presisi disbanding mesin lainnya.

3. YAG Laser (Laser Crystal)

Tipe mesin ini hampir sama dengan mesin fiber namun secara hasil, detail dan presisi sedikit di bawah mesin fiber. Sehingga dapat dikatakan bahwa mesin fiber sedikit lebih unggul dibanding YAG Laser.

Produk-produk dari Mesin Laser Cutting

pagar laser cutting
jasa laser grafir solo
jasa laser custom merchandise

Beberapa Keuntungan Menggunakan Mesin Laser Cutting

1. Presisi

Mesin laser memang bisa digunakan untuk proses laser cutting, laser grafir dan juga laser marking. Keunggulan yang paling utama dari mesin laser adalah memungkinkan untuk pemotongan yang sangat akurat serta menghasilkan potongan yang bersih dan halus. Ketepatan pengerjaan dengan mesin laser mungkin lebih baik, karena kemampuan sinar laser tidak berkurang selama proses tersebut.

2. Material Tebal

Dengan menggunakan mesin laser proses pemotongan material bisa sampai 12 mm dan juga bisa menghasilkan potongan yang rapi juga.

3. Jauh Lebih Cepat dan Efektif

Keuntungan lain dari penggunaan mesin ini adalah proses pengerjaanya yang cepat dibandingkan dengan pengerjaan manuak atau bukan dengan mesin laser. Pengerjaan lebih cepat karena work area rata-rata mesin laser bisa mencapai panjang 3 meter.

Baca juga: Jasa Laser Cutting Plat Kuningan Terpercaya di Kota Solo

Kreasi Muda Indonesia, Jasa Laser Cutting Terbaik di Indonesia

Kreasi Muda Indonesia sebagai perusahaan manufaktur dari Surakarta yang berdiri pada tahun 2017. Kami membuka jasa fabrikasi logam mulai dari proses cuttingmarkingwelding, bending sampai dengan assembling. Lantas, apa yang membuat kami jadi yang terbaik? Kami merupakan perusahaan yang berpengalaman dan diisi oleh tenaga profesional. Kami berkompeten di bidangnya, dan sudah menangani banyak customer, baik perorangan maupun perusahaan di Indonesia. Didukung dengan tim yang kompeten di bidangnya, mesin yang mutakhir, pengerjaan yang cepat dan tepat, serta hasil yang presisi. Tentu kamu tidak perlu khawatir dengan integritas perusahaan kami.

Apabila Anda tertarik dengan jasa kami, silakan kunjungi website atau kontak kami. Mari konsultasikan kebutuhan Anda dan dapatkan penawaran terbaik!

Kreasi Muda Indonesia
Facebook Comments
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?