fbpx
Kenali Masalah Umum di Mesin CNC dan Cara Mencegahnya!

Kenali Masalah Umum Pada Mesin CNC dan Cara Untuk Mencegahnya!

Tahukah anda, mesin CNC (Computer Numerical Control) adalah mesin yang berperan besar bagi produksi komponen teknik dalam jumlah yang besar dan waktu yang singkat yang kadang memiliki masalah dalam proses penggunaanya. Dengan sistem canggih yang dimiliki mesin ini memanfaatkan software yang digunakan pada komputer untuk mengatur tingkat kepresisian. Perlunya pengetahuan yang baik agar dalam pengoperasian mesin ini tidak terjadi masalah serius yang berdampak menghambat proses produksi. Oleh karena itu, pastikan Anda paham tentang kerusakan yang terjadi saat proses permesinan CNC sehingga dapat menyelesaikan tantangan tersebut.

Masalah Mesin CNC

Masalah yang Sering Terjadi di Mesin CNC dan Solusinya

1. Kesalahan Menentukan Alat Potong atau Pengaturan

Menentukan alat potong yang tidak sesuai dengan fungsinya sering membuat hasil permukaan benda kerja menjadi tidak halus. Hal ini terlihat pada hasil pemotongan yang tidak rapi, terdapat sisi tajam pada bagian sudut-sudut benda kerja. Bisa juga terjadi akibat alat potong yang digunakan sudah aus dan pengaturan kecepatan pemakanan (feed speed ratio) yang tidak sesuai.

Solusi dari masalah ini adalah penting untuk menentukan alat potong dan pengaturan yang sesuai dengan kapasitas pengerjaan.

2. Kesalahan Menggunakan Program

Masalah Mesin CNC-Error

Mesin CNC adalah mesin canggih yang dapat dikendalikan dengan menggunakan software pada komputer, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk terjadi kesalahan dalam proses permesinan CNC akibat kesalahan dalam memasukkan program. Penting sebagai operator memahami berbagai kode G dan M untuk mengendalikan mesin dengan tepat.

Solusi dari masalah ini adalah memberikan pelatihan cara pemrograman mesin CNC bagi operator baru.

3. Perawatan yang Tidak Teratur

Mesin CNC memiliki bagian yang bergerak, sehingga perlu untuk memperhatikan hal tersebut untuk kerja mesin yang optimal. Jika terdapat sisa chip maupun kotoran lain harus dibersihkan secara berkala akan terjadi penumpukan kotoran dan mengakibatkan hasil permesinan tidak akurat dan merusak mesin.

Solusi dari masalah ini adalah operator mesin perlu melakukan pemeriksaan mesin secara berkala pada bagian yang memungkinkan kotoran mudah masuk, pemeriksaan coolant dan aliran udara. Jika poros pemutas (spindle) terlalu panas, bisa jadi ada penyumbatan pada filter udara dalam sistem pendingin.

4. Kesalahan Pencekaman dan Fixtures

Proses pencekaman benda kerja jika tidak dilakukan dengan tepat akan berakibat fatal, seperti pemotongan yang tidak sesuai dengan desain akibat benda kerja bergeser selama permesinan.

Solusi yang perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan berikut:

  • Pastikan bahwa benda kerja ditempatkan pada pencekaman yang aman.
  • Pastikan bahwa pompa hidrolik dan tekanan hidrolik diatur dengan benar.
  • Pastikan rahang pencekam diatur dengan benar dan kuat untuk mencekam benda kerja.
  • Jika pencekam tidak dapat dibuka atau ditutup, periksa saklar kaki berfungsi dan apakah tidak kontak berfungsi dan kabelnya tidak rusak.
  • Pastikan diseluruh bagian handle mesin tidak ada kotoran dan mendapat pelumasan yang cukup untuk memperlancar pergerakan.
  • Periksa apakah handle berfungsi sesuai dengan perintah MDI M-code.
  • Periksa apakah solenoid berfungsi dengan baik. Jika iya, kemungkinan permasalahan terjadi pada kabel konektor yang rusak.
  • Pastikan bahwa bagian yang menghubungkan silinder hidrolik dan chuck berfungsi dan tidak longgar.

Perhatikan benda kerja harus dicekam dengan benar dapat menyebabkan kecelakaan, merusak peralatan, dan mencelakai operator.

5. Daya Listrik yang Tidak Stabil

Tampilan pada setiap mesin CNC akan berbeda-beda, mungkin ada beberapa bagian yang tidak berfungsi karena terdapat masalah pada sumber daya listrik yang tidak stabil. Untuk menghindari masalah tersebut perlu untuk memastikan voltase yang digunakan untuk input daya sesuai. Sumber daya listrik yang stabil diperlukan demi kelancaran proses mesin CNC. Perlu spesialis untuk melakukan pemeriksaan pada bagian elektrikal.

6. Masalah pada Pengubah Alat Otomatis

Masalah yang terjadi pada saat mengganti alat otomatis biasanya alat tidak dapat terganti dengan benar. Masalah ini bisa diatasi dengan memahami setiap tahap pergantian alat dan mengidentifikasi apa yang mengakibatkan pergantian alat tidak berjalan dengan baik.

Pastikan apakah alas, lengan gripper, tool holder lengan penopang dan magazine (pemandu) mesin beroperasi dengan baik. Jangan lupa untuk menjaga agar mesin penggantian alat otomatik dan tool holder terjaga kebersihannya.

7. Getaran Mesin

Getaran yang berlebihan pada mesin CNC berakibat pada daya tahan suku cadang mesin CNC. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas alat dan memotong umur pakainya. Getaran sering terjadi dari benda kerja maupun alat potong, sehingga penting untuk mengenali sumber suara.

Solusi dari permasalahan ini untuk menurunkan kecepatan rotasi spindel agar pengaturannya ideal.

8. Overheating

Sebagian mesin CNC beroperasi tanpa jeda, sehingga berdampak pada pemanasan berlebih adalah hal yang umum terjadi. Namun, hal ini mengakibatkan kualitas benda kerja rendah, merusak alat hingga merusak mesin. Penting untuk menjadwalkan pembersihan mesin secara rutin untuk menghilangkan tumpukan kotoran sisa hasil pengerjaan. Pastikan sirkulasi udara pada mesin baik untuk mencegah ketidakstabilan suhu.

Perlunya pengetahuan dan keterampilan operator dapat mengetahui permasalahan dan solusi yang dihadapi saat mengoperasikan mesin CNC, sehingga dapat melakukan tindakan dini untuk mengatasi masalah tersebut.

Jasa Mesin CNC Terpercaya dari Kota Solo untuk Bisnis Anda!

Kreasi Muda Indonesia merupakan perusahaan manufaktur modern yang menyediakan jasa Mesin CNC. Terdapat dua mesin pendukung yang dimiliki Kreasi Muda Indonesia, yaitu mesin milling CNC dan bubut CNC. Berikut adalah contoh produk buatan Kreasi Muda Indonesia dengan menggunakan mesin CNC.

Banyak produk Kreasi Muda Indonesia yang sukses mewujudkan keinginan customer secara perorangan maupun perusahaan mulai tahun 2017. Kreasi Muda Indonesia juga sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan industri di seluruh Indonesia. Berikut produk yang berhasil Kreasi Muda Indonesia wujudkan:

fasad material acp
produsen piala unik di indonesia

Kunjungi website kami atau kontak kami untuk melihat proyek kami dan dapatkan penawaran terbaik sesuai kebutuhanmu.

Facebook Comments
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?