fbpx
Ini Dia 3 Jenis Box Panel Listrik yang Wajib Kamu Tahu

Ini Dia 3 Jenis Box Panel Listrik yang Wajib Kamu Tahu

Box panel merupakan komponen dalam instalasi listrik dan sistem kontrol, yang digunakan untuk mengatur, mendistribusikan, dan melindungi komponen listrik.

Box panel listrik secara visual berbentuk kotak atau wadah yang digunakan untuk menampung dan mengatur berbagai komponen listrik atau elektronik, seperti pemutus sirkuit, saklar, rel daya (busbar), terminal blok, dan pengaman lebur (fuse).

Box panel ini melindungi komponen dari kerusakan fisik dan lingkungan, serta memastikan keselamatan pengguna dari bahaya listrik.

Fungsi Utama Box Panel

box panel

Box panel listrik memiliki fungsi yang beragam. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari box panel;

1. Distribusi Daya

Fungsi yang pertama adalah distribusi daya. Box panel listrik berguna untuk mengatur dan mendistribusikan daya listrik dari sumber utama ke berbagai sirkuit atau perangkat.

2. Pengendalian

Fungsi berikutnya adalah pengendalian, maksudnya adalah benda ini dapat mengontrol operasi berbagai perangkat listrik seperti mesin, motor, dan sistem otomatisasi.

3. Perlindungan

Fungsi yang terakhir sebagai perlindungan. Box panel dapat melindungi komponen listrik dan manusia dari bahaya listrik seperti kelebihan beban dan korsleting.

Ini Dia Komponen Utama Box Panel

Setelah mengetahui fungsi utama box panel, berikutnya mari ketahui apa saja komponen utama dari box panel. Berikut ini merupakan komponen utama box panel;

1. Pemutus Sirkuit (Circuit Breaker)

Komponen yang pertama adalah pemutus sirkuit. Fungsinya untuk melindungi sirkuit dari arus lebih dan korsleting dengan memutus aliran listrik secara otomatis.

2. Saklar (Switch)

Berikutnya adalah saklar. Saklar ini berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan aliran listrik secara manual.

3. Rel Daya (Busbar)

Komponen yang ketiga adalah rel daya. Rel daya merupakan konduktor utama untuk mendistribusikan daya ke berbagai sirkuit.

4. Terminal Blok

Komponen selanjutnya adalah terminal blok. Terminal blok dapat dikatakan sebagai titik sambungan untuk kabel yang memastikan koneksi yang aman dan teratur.

5. Pengaman Lebur (Fuse)

Komponen yang terakhir adalah fuse. Komponen ini dapat melindungi sirkuit dengan memutus aliran listrik ketika arus melebihi batas aman.

Simak 3 Jenis Box Panel

Berikutnya adalah jenis-jenis box panel. Seperti yang diketahui bersama bahwa box panel memiliki beberapa jenis dengan kelebihan dan spesifikasinya masing-masing. Berikut ini merupakan 3 jenis box panel;

1. Panel Distribusi (Distribution Panel)

Jenis yang pertama adalah panel distribusi. Jenis box panel listrik ini digunakan untuk mendistribusikan daya listrik ke berbagai bagian gedung atau fasilitas.

2. Panel Kontrol (Control Panel)

Jenis berikutnya adalah panel kontrol. Box panel kontrol dapat mengontrol dan memonitor mesin atau proses tertentu.

3. Motor Control Center (MCC)

Jenis yang ketiga adalah motor control center yang berguna untuk mengatur operasi motor listrik di instalasi industri.

Jasa Pembuatan Box Panel Listrik Kualitas Terbaik

Salah satu perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan box panel adalah Kreasi Muda Indonesia. Box panel buatan Kreasi Muda Indonesia diproses menggunakan berbagai macam mesin dan finishing sehingga dapat menghasilkan kualitas produk unggulan.

Selain menyediakan jasa pembuatan box panel custom, Kreasi Muda Indonesia juga merupakan perusahaan fabrikasi logam yang menyediakan jasa fabrikasi logam mulai dari proses cutting, marking, welding, bending sampai dengan assembling.

Kunjungi website kami atau kontak kami untuk melihat project kami dan dapatkan penawaran terbaik untuk kebutuhanmu.

Facebook Comments
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?