fbpx
Mengenal Mesin CNC Bubut, Apa Saja Kegunaannya?

Mengenal Mesin CNC Bubut, Apa Saja Kegunaannya?

Mesin CNC merupakan mesin yang umum berada pada industri manufaktur dan fabrikasi logam. Dalam perkembangannya, mesin CNC memiliki beberapa jenis salah satunya adalah mesin CNC Bubut.

Mesin CNC Bubut digunakan untuk membentuk part atau komponen dalam bentuk bulat, tabung, lingkaran dan bentuk-bentuk serupa. Namun, jika dilihat lebih jauh, mesin Bubut memiliki kegunaan yang lebih kompleks.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai mesin Bubut. Simak sampai akhir, ya!

Ketahui Pengertian dan Cara Kerja Mesin CNC Bubut

jasa mesin cnc solo

Mesin CNC Bubut merupakan salah satu jenis mesin CNC yang memiliki kode operasi M dan G. Pada mesin CNC mempunyai sumbu yang tak jauh berbeda dari mesin bubut konvensional yakni sumbu Z dan sumbu X.

Mesin CNC Bubut dapat mengerjakan berbagai macam produk dengan bentuk bulat, lingkaran, tabung dan part dengan bentuk serupa. Hal ini karena CNC Bubut memiliki main spindle, tools, dan alat potong yang digunakan dipasang dan bergerak pada ragam jenis sumbunya.

Cara kerja mesin CNC dimulai dari proses pemrograman yang dilakukan programmer untuk merancang kebutuhan mesin terkait pembuatan komponen. Kemudian file tersebut dipindah dengan mengunggahnya pada mesin CNC. Selanjutnya, operator akan menjalankan mesin sesuai dengan gambar kerja dan rancangan yang sebelumnya telah dibuat oleh programmer.

Secara keseluruhan, mesin CNC memiliki angka ketelitian yang tinggi oleh karena itu dibutuhkan pemrograman dan pengoperasian yang benar untuk menghasilkan benda sesuai yang diinginkan.

Komponen Mesin CNC Bubut

jasa mesin cnc solo

Mesin CNC Bubut memiliki beberapa komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dari mesin CNC. Di antaranya sebagai berikut.

1. Power Unit

Power unit digunakan untuk menghidupkan dan mematikan mesin Bubut.

2. Machine Bed

Machine bed merupakan bagian paling penting mesin CNC karena part mesin lainnya terpasang di bagian machine bed seperti spindle stock, tail stock, slide, hingga sumbu-sumbu pada mesin CNC.

3. Spindle Revolver

Spindle revolver digunakan untuk mengunci material yang akan diproses mesin.

4. Main Spindle

Main spindle atau juga disebut sebagai poros pemutar utama, fungsinya menjadi poros dan system penggerak yang meliputi bagian motor, roda gigi, dan chuck pada mesin.

5. Second Spindle

Secod spindle merupakan komponen yang membantu main spindle, komponen ini merupakan opsi tambahan yang terpisah dari main spindle. Second spindle berfungsi untuk menyelesaikan permasalahan proses pemesinan primer dan sekunder di mesin bubut.

6. Chuck

Chuck berfungsi sebagai penahan dan pencekam material yang sedang diproses mesin.

7. Guide Way

Guide way berfungsi untuk membuat alat pemotong bergerak horizontal dan vertical sehingga proses pemotongan dan pembubutan menjadi lebih halus.

8. Headstock

Headstock merupakan komponen yang ada di main spindle. Headstock berfungsi untuk menahan torsi yang tinggi meski dalam kecepatan rendah. Dampaknya adalah dapat menghasilkan part dengan kualitas presisi yang baik.

9. Tailstock

Tailstock berfungsi untuk memberikan gaya tumpuan tambahan pada ujung lain dari komponen. Tailstock sangat penting dalam proses yang ada pada pemesinan khususnya benda kerja yang memiliki ukuran yang terbilang panjang.

10. Tool Turret

Tool turret ini berfungsi untuk melakukan pergantian alat potong sesuai yang dibutuhkan pada proses yang ada di mesin.

11. Leadscrew

Leadscrew merupakan komponen pendukung dan digunakan sebagai ulir pengarah untuk membuat ulir saja dan bisa dilepas jika tidak dipakai.

12. Feedrod

Feedrod berfungsi untuk menyalurkan daya dari kotak pengubah cepat untuk menggerakkan mekanisme apron dalam arah melintang atau memanjang.

13. Carriage

Carriage terdiri dari tempat eretan, dudukan pahat dan apron, fungsinya untuk mengarahkan dan menggerakkan pahat.

14. Toolpost

Toolpost digunakan sebagai tempat dudukan pahat bubut, dengan menggunakan pemegang pahat.

15. Feed Change Gearbox

Feed change gearbox merupakan kendali mesin untuk bagian  torque, kecepatan, dan sinkronisasi antara putaran alat pemotong dan  main spindle.

Di Manakah Jasa Mesin CNC Bubut Terbaik di Indonesia?

jasa mesin cnc solo

Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa mesin CNC adalah Kreasi Muda Indonesia. Kreasi Muda Indonesia dapat membuat berbagai part dan komponen menggunakan mesin CNC Bubut.

Berikut di bawah ini adalah contoh part/komponen manufaktur yang dibuat mesin CNC Bubut dari Kreasi Muda Indonesia.

Kreasi Muda Indonesia memiliki dua mesin CNC yaitu CNC Miling dan CNC Bubut. Selain menyediakan jasa mesin CNC, Kreasi Muda Indonesia merupakan perusahaan fabrikasi logam yang menyediakan jasa fabrikasi logam mulai dari proses cutting, marking, welding, bending sampai dengan assembling.

Beberapa produk-produk yang kami hasilkan diantaranya adalah di bawah ini.

Kunjungi website kami atau kontak kami untuk melihat project kami dan dapatkan penawaran terbaik untuk kebutuhanmu.

Kreasi Muda Indonesia
Facebook Comments
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?