fbpx
Ketahui Jenis Alat Potong yang Biasa Digunakan Mesin Milling CNC

Ketahui Jenis Alat Potong yang Digunakan Mesin Milling CNC

Proses permesinan milling CNC adalah proses cutting konvensional dengan menggunakan mesin milling CNC, berasal dari suatu permukaan rata atau bentuk lain yang spesifik (profil, radius, silindris, dan lain-lain) dengan ukuran dan kualitas tertentu dan menyisakan chip.  Dalam proses permesinan mesin milling cnc terdapat komponen penting dalam menunjang prosesnya, salah satunya adalah alat potong yang digunakan atau biasa disebut dengan cutter.

industri mesin cnc

Jenis-jenis Cutter Mesin Milling CNC Berdasarkan Fungsi dan Bentuknya

Alat potong mesin milling CNC

Cutter yang digunakan untuk mesin milling CNC terdiri dari beberapa jenis dan dibedakan berdasarkan fungsi dan bentuknya. Berikut merupakan jenis cutter berdasarkan fungsi dan bentuknya:

1. Cutter Face Cutting

  • End Mill Cutter

Merupakan cutter dengan sisi potong pada ujung muka dan spiralnya, ukuran end mill cutter dibuat dari ukuran 0.5 – 50 mm dengan beragam tipe tangkai ada yang berbentuk konus dan ada yang bertangkai lurus.

  • Shell End Mill Cutter

Cutter tipe ini memiliki lubang berpasak pada bagian tengah cutter untuk pemasangan pada arbor, dibuat dengan diameter 30-200 mm. Pada ujung muka dan pada sisi spiralnya cutter ini terdapat sisi potong.

2. Cutter Side Cutting

  • Plain Mill Cutter

Cutter ini digunakan untuk pemrosesan dengan bentuk horizontal dari permukaan yang datar. Bentuk cutter ini hampir mirip dengan shell end mill cutter tetapi cutter ini hanya memiliki sisi potong pada bagian spiralnya dan memiliki lubang berpasak untuk pemasangan pada arbor.

  • Disk Cutter

Cutter ini berbentuk pipih dan dapat digunakan untuk pembuatan slot dan slitting, sisi potong dari cutter jenis yang rata dan ada juga yang zig-zag.

3. Cutter Profile

  • DoveTail Cutter

DoveTail cutter digunakan untuk menghasilkan profil dovetail (ekor burung) pada benda kerja. Sisi potong cutter ini memiliki sudut 450, 600, dan 900.

  • T-slot Cutter

T-slot cutter digunakan untuk membuat alur berbentuk T. Terdapat sisi potong pada bagian yang saling melingkar, dengan sudut helix yang saling berlawanan. T-slot cutter terbagi menjadi dua jenis, yaitu T-slot dengan shank rata dan dengan T-slot dengan shank berulir.

  • Prisma Cutter

Cutter ini digunakan untuk menghasilkan profil V pada benda kerja, dengan sudut potong yang dimiliki sebesar 450, 600, dan 900.

  • Hobbing Cutter

Cutter yang digunakan untuk mesin milling hobbing, untuk menghasilkan profil berbentuk roda gigi (gear).

  • Modul Cutter

Cutter ini digunakan untuk membuat roda gigi dengan modul tertentu, dan menggunakan mesin milling konvensional dalam pengerjaannya, bentuknya hampir sama dengan cutter hobbing tetapi pipih.

Jenis Cutter Mesin Milling CNC Berdasarkan Fungsi Pengerjaannya

Setelah memahami jenis cutter berdasarkan fungsi dan bentuknya. Masih ada beragam jenis cutter yang digunakan berdasarkan fungsi pengerjaannya. Berikut merupakan jenis cutter berdasarkan fungsi pengerjaannya:

1. Cutter Roughing

Cutter yang digunakan untuk proses roughing pada benda kerja. Proses roughing adalah proses pengerjaan yang dilakukan dengan depth of cut yang besar.

2. Cutter Finishing

Cutter yang digunakan untuk proses finishing, dengan depth of cut yang lebih sedikit dibandingkan roughing, hasil dari permesinan menggunakan cutter finishing permukaan pada benda kerja lebih halus.

3. Cutter yang digunakan berdasarkan arah putarannya

  • Cutter Putaran Kiri

Cutter tipe ini digunakan untuk proses permesinan tidak searah dengan arah putar jarum jam.

  • Cutter Putaran Kanan

Cutter tipe ini digunakan untuk proses permesinan searah dengan arah putaran jarum jam.

4. Cutter yang digunakan berdasarkan material benda kerja

  • Cutter Tipe N (normal)

Cutter tipe ini digunakan untuk material yang normal dengan massa jenis sampai 70 (kg/mm2). Sudut yang dimiliki sudut potong sebesar 730 dan sudut spiral yang sebesar 300. Jumlah gigi yang dimiliki cutter tipe N ini memiliki jumlah gigi yang tidak terlalu banyak. Proses pengerjaannya untuk tiap gigi tidak terlalu besar.

  • Cutter Tipe H (keras)

Cutter ini digunakan untuk material yang ulet dan keras dengan massa jenis hingga 100 (kg/mm2). Sudut yang dimiliki sudut potong sebesar 810 dan sudut spiral yang sebesar 250. Jumlah gigi yang dimiliki cutter tipe H ini memiliki jumlah gigi yang banyak. Proses pengerjaannya digunakan untuk tiap gigi kecil.

  • Cutter Tipe W (lunak)

Cutter ini digunakan untuk material yang lunak. Sudut yang dimiliki sudut potong sebesar 570 dan sudut spiral yang sebesar 350. Jumlah gigi yang dimiliki cutter tipe H ini memiliki jumlah gigi sedikit. Proses pengerjaannya untuk tiap gigi besar karena material yang dikerjakan lebih lunak.

Alat Potong Selain Cutter

Selain cutter, alat potong yang sering digunakan untuk pengerjaan mesin milling CNC ada pula alat potong lain yang membantu dalam permesinan milling CNC. Berikut merupakan jenis alat potong selain cutter yang digunakan pada mesin milling CNC.

Alat potong mesin milling CNC

1. Twist Drill

Alat potong yang digunakan untuk membuat lubang pada benda kerja, tangkai dari twist drill ini ada yang silindris dan juga ada yang konus.

2. Reamer

Alat potong yang digunakan untuk memperbesar sebuah lubang dan biasanya lubang yang dihasilkan berukuran presisi (ISO).

3. Thread (Tap/Sney)

Alat potong yang digunakan untuk membuat ulir dalam/luar pada benda kerja. Ukuran yang dimiliki ada yang metris (mm) dan whitworth (inchi).

4. Boring

Alat potong ini digunakan untuk memperbesar lubang, atau membuat lubang khusus yang tidak dapat dikerjakan dengan twistdrill maupun reamer.

Jasa Mesin CNC? Kreasi Muda Indonesia Solusinya!

Kreasi Muda Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur terbaik di kota Solo sejak 2017. Perusahaan ini melayani jasa permesinan CNC dalam pembuatan berbagai part dan komponen sesuai permintaan Anda.

Kreasi Muda Indonesia memiliki dua mesin CNC, yaitu mesin milling CNC dan bubut CNC. Beberapa perusahaan industri maupun pribadi di Indonesia mempercayai Kreasi Muda Indonesia dalam bidang manufaktur.

jasa milling cnc di solo
jasa bubut cnc di solo

Selain menyediakan jasa mesin CNC, Kreasi Muda Indonesia juga merupakan Perusahaan fabrikasi logam yang menyediakan jasa fabrikasi logam mulai dari cutting, marking, welding, bending sampai assembling.

Berikut di bawah adalah hasil dari beberapa part dari proses mesin CNC:

Kunjungi website kami atau kontak kami untuk melihat project yang telah kami kerjakan serta dapatkan penawaran terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Facebook Comments
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?