fbpx
jenis face mill mesin CNC

Pahami Klasifikasi Jenis Face Mill Mesin Milling CNC!

Mesin CNC (Computer Numerical Control) adalah mesin otomasi perkakas yang dikendalikan dengan menggunakan perangkat lunak pada komputer. Prinsip kerja mesin CNC, yaitu memotong benda kerja yang diam dengan meja yang bergerak menuju alat potong yang berputar. Sebelum masuk ke pembahasan klasifikasi jenis face milling, mari kita pahami pengertian dari face mill.

jasa bubut cnc di solo

Apa yang Dimaksud dengan Face Mill?

Sebelum mengenal jenis face mill, terlebih dahulu kita akan bahas apa yang dimaksud dengan face mill. Face mill merupakan bagian dari indexable milling. Face milling merupakan proses pemotongan permukaan datar benda kerja yang tegak lurus terhadap sumbu rotasi pemotong. Prinsip kerja face milling adalah menghasilkan permukaan yang rata.

Namun, pada praktiknya, hasil yang didapatkan selalu menunjukkan tanda trochoidal yang terlihat mengikuti gerakan cutter pada permukaan benda kerja. Hal yang mempengaruhi proses face mill adalah diameter dan keliling cutter serta permukaan ujungnya.

Jenis Face Mill

Penampang face mill biasanya besar dengan tipe indexable. Cutter teeth (ujung mata pisau) dan Cutter Body (indexable) terpisah. Ujung mata pisau biasanya menggunakan tipe insert dengan material solid carbide sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang hanya mengganti insert apabila aus.

Jenis-jenis Operasi Face Milling

Berikut selengkapnya mengenai jenis face mill. Simak sampai akhir.

Jenis Operasi Face Mill

1. Conventional Face Milling

Conventional face mill memiliki diameter pemotongan milling yang lebih lebar daripada benda kerja sehingga pemotong milling menggantung di kedua sisi benda kerja.

2. Partial Face Milling

Partial face mill, alat potong menggantung di salah satu sisi benda kerja.

3. End Milling

Pengerjaan yang menggunakan alat potong end mill, jenis pemotong yang digunakan berdiameter lebih kecil dibandingkan dengan lebar benda kerja. Jenis cutter ini biasa digunakan untuk membuat alur pada benda kerja.

4. Profile Milling

Profile milling memiliki dua jenis, yaitu ballend milling atau bullnose end milling, digunakan untuk menghaluskan atau menyelesaikan face milling vertikal atau miring. Permukaan benda kerja yang dipilih harus selalu dengan jalur pahat yaitu sisi luar dari bagian datar yang dikerjakan.

5. Pocket Milling

Pocket milling biasanya dikerjakan untuk memotong atau menghilangkan material pada bagian tengah benda kerja.

6. Surface Milling

Surfacemill adalah pemrosesan facemilling dengan pendekatan sudut 450 untuk mendapatkan hasil akhir permukaan superior. Pengoperasian dengan surfacemilling dapat secara bersamaan mengontrol sumbu linear X, Y, dan Z pada mesin.

Jasa Pengolahan CNC untuk Kebutuhan Produksi Kamu!

jasa laser cutting di kota solo

Kreasi Muda Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa mesin CNC terpercaya di kota Solo. Terdapat dua mesin pendukung yang dimiliki Kreasi Muda Indonesia, yaitu mesin milling CNC dan bubut CNC. Berikut adalah contoh produk buatan Kreasi Muda Indonesia dengan menggunakan mesin CNC.

Banyak produk Kreasi Muda Indonesia yang sukses mewujudkan keinginan customer secara perorangan maupun perusahaan mulai tahun 2017. Kreasi Muda Indonesia juga sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan industri di seluruh Indonesia. Berikut produk yang berhasil Kreasi Muda Indonesia wujudkan: 

pagar lipat laser cutting

Kunjungi website kami atau kontak kami untuk melihat proyek kami dan dapatkan penawaran terbaik sesuai kebutuhanmu.

Facebook Comments
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?