fbpx
Ini Dia Berbagai Sifat Logam yang Perlu Kamu Tahu!

Ini Dia Berbagai Sifat Logam yang Perlu Kamu Tahu!

Material logam sering dimanfaatkan di industri manufaktur dan fabrikasi logam, logam sendiri merupakan material yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan peralatan dan part yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti kitchen set, cabinet, part otomotif dan lain-lain. Logam memiliki berbagai macam sifat yang membuatnya fleksibel dan dapat dimanfaatkan di berbagai bidang industri.

Pada artikel ini kami akan membahas tentang apa saja macam sifat yang dimiliki logam. Simak sampai akhir, ya!

Lebih Dekat dengan Material logam

macam sifat logam

Sebelum lebih jauh tentang sifat logam, terlebih dahulu mari kita pahami lebih jauh tentang material logam. Logam merupakan salah satu unsur kimia yang memiliki berbagai sifat keras, kuat, memiliki titik cair yang tinggi, dan penghantar listrik yang baik. Hal ini menjadikan material logam dapat dimanfaatkan dan diaplikasikan pada banyak bidang, baik sebagai produk maupun sebagai part-part terpisah.

Mengenal Macam Sifat Logam

macam sifat logam

Logam terbagi ke dalam beberapa sifat di antaranya adalah sifat mekanis, sifat fisika, sifat kimia dan sifat pengerjaan. Berikut di bawah ini merupakan penjelasan lebih lanjut;

1. Sifat Mekanis

Sifat yang pertama adalah sifat mekanis. Sifat mekanis merupakan kemampuan suatu logam untuk menahan beban yang diberikan pada logam tersebut. Pembebanan yang diberikan dapat berupa pembebanan statis (besar dan arahnya tetap), ataupun pembebanan dinamis (besar dan arahnya berubah). Yang termasuk sifat mekanis pada logam, antara lain: kekuatan bahan (strength), kekerasan elastisitas, kekakuan, plastisitas, kelelahan bahan, sifat fisika, sifat kimia, dan sifat pengerjaan.

2. Sifat Fisika

Sifat logam berikutnya adalah sifat fisika. Sifat fisika adalah karakteristik suatu bahan ketika mengalami peristiwa fisika seperti adanya pengaruh panas atau listrik. Beberapa yang termasuk sifat-sifat fisika adalah titik lebur, kepadatan, daya hantar panas, dan daya hantar listrik.

3. Sifat Kimia

Sifat kimia merupakan kemampuan suatu logam dalam mengalami peristiwa korosi. Korosi adalah terjadinya reaksi kimia antara suatu bahan dengan lingkungannya. Secara garis besar ada dua macam korosi, yaitu korosi karena efek galvanis dan reaksi kimia langsung.

4. Sifat Pengerjaan

Sifat berikutnya adalah sifat pengerjaan. Sifat pengerjaan adalah suatu sifat yang timbul setelah diadakannya proses pengolahan tertentu. Sifat pengerjaan ini harus diketahui terlebih dahulu sebelum pengolahan logam dilakukan.

Pemanfaatan Material Logam

pagar laser cutting
potong plat laser

Pada zaman dahulu, logam tertentu, seperti tembaga, besi, dan timah digunakan untuk membuat peralatan, perlengkapan mesin, dan senjata. Logam adalah konduktor yang baik, membuatnya berharga dalam peralatan listrik dan untuk membawa arus listrik dari kejauhan dengan sedikit energi yang hilang.

Di masa sekarang ini, logam dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan industri seperti industi manufaktur, elektronik, kontruksi, kesehatan, transportasi dan masih banyak lainnya. Pemanfaatan logam dalam berbagai bidang industri tersebut misalnya dalam pembuatan peralatan masak dan kitchen set, cabinet lab, pagar rumah, fasad bangunan, partisi ruangan dan lain-lain. Fleksibelnya pemanfaatan logam adalah salah satu nilai tambah dari logam.

Jasa Pengolahan Logam dengan Kualitas Terbaik

Kreasi Muda Indonesia

Kreasi Muda Indonesia adalah perusahaan fabrikasi logam yang menyediakan jasa fabrikasi logam mulai dari proses cutting, marking, welding, bending sampai dengan assembling.

Material logam yang digunakan Kreasi Muda Indonesia merupakan material pilihan dan memiliki grade unggul. Hal ini akan berpengaruh terhadap hasil dari part atau produk yang dibuat. Selain itu, proses pembuatannya yang menggunakan mesin-mesin mutakhir juga membuat part dan produk logam dari Kreasi Muda Indonesia memiliki kualitas terbaik.

Kunjungi website kami atau kontak kami untuk melihat project kami dan dapatkan penawaran terbaik untuk kebutuhanmu.

pembuatan cabinet lab
meja stainless steel
Facebook Comments
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?