fbpx
Biological Safety Cabinet

Yuk Cari Tahu Fungsi dan Tujuan Biological Safety Cabinet

Pekerjaan laboratorium selalu membutuhkan peralatan khusus untuk menunjang pekerjaan yang dilakukan. Salah satu peralatan khusus yang dibutuhkan adalah Biological Safety Cabinet dan cabinet lab.

Biological Safety Cabinet secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha untuk melindungi orang yang bekerja dengan bahan biologi berbahaya dari kontaminasi komponen luar yang tidak diinginkan.

Pada artikel kami akan bahas tentang Biological Safety Cabinet, seperti apa fungsi dan peratalan pendukungnya supaya pekerjaan di laboratorium aman dan efektif? Simak sampai akhir, ya!

Simak Dahulu Pengertiannya

biological safety cabinet Kreasi Muda Indonesia

Biological Safety Cabinet atau disebut BSC merupakan sebuah area kerja untuk laboratorium yang dirancang khusus untuk memberikan keamanan bagi bekerja yang bekerja dengan sampel material, lingkungan, hingga kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri. Area kerja ini menggunakan ventilasi udara yang telah direkayasa demi keamanan para pekerjanya.

Fungsi dan Tujuan Biological Safety Cabinet

biological safety cabinet Kreasi Muda Indonesia

BSC dirancang sebagai alat yang bekerja secara aseptis atau bebas dari infeksi. Hal ini bisa terjadi karena BSC dibekali kemampuan untuk menyaring udara sehingga area kerja menjad steril dan terhindari dari potensi tercemar bakteri dari luar.

BSC membuat pekerjaan di laboratorium menjadi lebih aman, baik untuk pekerja maupun untuk sampel yang sedang diuji karena area kerja yang steril dan terhindar dari komponen luar yang tidak diinginkan.

Peralatan Pendukung Pekerjaan di Laboratorium

Dalam perkembangannya, Biological Safety Cabinet memerlukan peralatan pendukung yang dapat menunjang pekerjaan dan membuat pekerjaan di laboratorium menjadi lebih efektif. Peralatan pendukung yang dimaksud adalah cabinet lab.

Cabinet lab merupakan benda yang tidak asing untuk penelitian di bidang biologi, mikrobiologi, kimia, atau farmasi. Sama seperti BSC, cabinet lab juga membutuhkan kualitas yang baik demi keamanan pekerja dan sampel.

Cabinet lab merupakan lemari yang digunakan untuk penyimpanan bahan kimia atau peralatan laboratorium. Cabinet lab terbuat dari material metal dengan kualitas unggul sehingga membuat cabinet lab kuat, aman, steril dan awet.

Kreasi Muda Indonesia, Jasa Pembuatan Cabinet Lab Terbaik

Kreasi Muda Indonesia adalah perusahaan fabrikasi logam yang menyediakan jasa fabrikasi logam mulai dari proses cutting, marking, welding, bending sampai dengan assembling.

Pembuatan cabinet lab dari Kreasi Muda Indonesia menggunakan material metal dengan kualitas unggul. Dalam proses pembuatannya melibatkan tim QC untuk menjaga kualitas produk di tiap-tiap proses pengerjaan. Selain itu, proses finishing juga menggunakan cairan pilihan untuk melindungi permukaan cabinet lab agar terhindar dari karat.

Kunjungi website kami atau kontak kami untuk melihat project kami dan dapatkan penawaran terbaik untuk kebutuhanmu.

Kreasi Muda Indonesia
Facebook Comments
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?