fbpx
Faktor yang Dapat Mempengaruhi Proses Roll Bending

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Proses Roll Bending

Roll bending merupakan salah satu pekerjaan yang ada di industri pengolahan logam, yaitu dengan melakukan pembekokkan material dengan mesin roll sesuai dengan gambar kerja. Dalam proses pengerjaannya, roll bending memiliki beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil akhir dari penge-roll-an.

Roll bening kerap dimanfaatkan dalam berbagai industri seperti manufaktur, kontruksi, otomotif dan masih banyak lagi. Besi dapat menjadi bengkok akibat tekanan mesin dengan press, sehingga menyebabkan logam pada sisi luar sumbu netral mengalami tarikan, sedangkan sisi lain mengalami tekanan. 

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses roll bending.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Roll Bending

jenis roll bending

Berikut ini merupakan 4 faktor yang dapat mempengaruhi proses roll bending, mulai dari ketebalan, ukuran material, peralatan pendukung dan proses pelumasan mesin. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Ketebalan Material

Pada dasarnya proses bending mengakibatkan penarikan pada sisi luar dan pengkerutan pada sisi dalam diameter kelengkungan. Biasanya, material yang digunakan dalam proses bending adalah plat metal. Ketebalan material akan berpengaruh pada radius bending dapat dibentuk dan kemampuan material untuk dapat mengalami peregangan tanpa terjadi distorsi. Hal ini akan berpengaruh pada material yang ditekuk.

2. Ukuran Material

Berikutnya adalah ukuran material. Material dengan ukuran besar apabila dilengkungkan dengan radius yang kecil akan mudah mengalami distorsi dibandingkan material dengan ukuran kecil dan radius bending yang besar. Oleh karenanya diperlukan kecermatan dalam proses pengerjaan sehingga dapat menghasilkan kualitas produk yang baik dan presisi.

3. Peralatan Pendukung

Berikutnya adalah peralatan pendukung. Seperti yang kita tahu bahwa mesin roll bending tidak dapat bekerja maksimal tanpa peralatan pendukung yang dapat memudahkan pekerjaan. Peralatan yang digunakan meliputi cetakan, clamp dan mandrel. Adanya peralatan pendukung tersebut dapat memudahkan proses penekukan material.

4. Pelumasan

Faktor terakhir adalah pelumasan. Pelumasan diperlukan untuk mengurangi efek gesekan dan meningkatkan efisiensi proses pembentukan material sesuai dengan gambar kerja. Dengan pelumasan yang baik, mesin bending dapat membantu kinerja mesin menjadi lebih baik.

Jasa Roll Bending Hasil Presisi dan Berkualitas

Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa roll bending dengan kualitas terbaik adalah Kreasi Muda Indonesia. Selain itu, Kreasi Muda Indonesia adalah perusahaan fabrikasi logam yang menyediakan jasa fabrikasi logam mulai dari proses cutting, marking, welding, bending sampai dengan assembling

Hasil Bending dan Mesin Bending di Kreasi Muda Indonesia

Berikut ini adalah beberapa contoh produk hasil bending dan mesin-mesin bending yang dimiliki oleh Kreasi Muda Indonesia:

proses bending roll
 roll bending
 roll bending

Kunjungi website kami atau kontak kami untuk melihat project kami dan dapatkan penawaran terbaik untuk kebutuhan Sobad Kreasi.

Facebook Comments
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?